Breaking News
recent

Lensa Gokil - 13 Tanda Baca yang Penting Ini Jarang Diketahui Orang



Ada banyak tanda baca yang bisa kamu lihat di bagian simbol dan sebenarnya mereka semua punya fungsinya masing-masing untuk membentuk sebuah kalimat yang sesuai. Karena terkadang tanda titik, koma, petik, strip, silang, tanya, seru, kurung dan lainnya itu gak bisa menjelaskan dengan baik maksudnya. Berikut adalah 13 tanda baca yang penting tapi jarang diketahui orang banyak!

1. Interrobang

Kamu mungkin sudah pernah mendengar tanda baca interrobang, semua berkat kepopulerannya belakangan ini di media sosial. Ya, saat ini kombinasi dari tanda seru dan tanda tanya bisa digabung menjadi satu, seperti ekspresi kaget itu lho. Misalnya: "Apa!? Dia tidak tahu ya kalau itu punyaku!?". Menariknya sekarang penggabungan tanda baca tersebut sudah cukup sering digunakan.

2. Titik perkontasi atau tanda tanya retoris (percontation point)

Tanda tanya terbalik ini pertama kali diajukan oleh Henry Denham pada tahun 1580 sebagai pengakhiran kalimat tanya retorikal dan terus digunakan sampai awal tahun 1600-an. Adakah kamu yang menggunakan tanda baca ini jika mengajukan pertanyaan retoris?

3. Tanda ironi (irony mark)

Bentuknya hampir sama dengan titik perkontasi, tapi letak tanda ironi sedikit berbeda. Bentuknya lebih kecil, seperti mengawang dan mendahului sebuah pernyataan untuk menyampaikan maksudnya sebelum dibaca. Alcanter de Brahm memperkenalkan tanda ini di abad ke-19 dan penulis Perancis Herve Bazin menggunakan tanda baca yang sama di bukunya yang berjudul Plumons l’Oiseau, bersama juga dengan 5 tanda baca inovatif lainnya.

4. Tanda cinta (love point)

Di antara tanda baca inovatif yang diajukan oleh Bazin adalah tanda cinta ini yang terbentuk dari 2 tanda tanya yang salah satunya dibalik secara horizontal karena tujuan khusus. Fungsinya adalah menegaskan pernyataan berbau cinta atau sayang, misalnya: "Selamat ulang tahun ya [tanda cinta]. Seandainya tanda ini bisa dengan mudah diketik, mungkin penggunaannya akan melejit. Karena orang lebih memilih menggunakan tanda "<" diikuti angka "3" untuk membuat tanda cinta.

5. Titik aklamasi (acclamation point)

Bazin mendeskripsikan tanda ini sebagai "representasi penuh gaya dari dua bendera yang berkibar-kibar di atas rombongan kendaraan yang mengawal presiden." Aklamasi adalah "demonstrasi dari harapan atau sambutan". Jadi kamu bisa menggunakannya untuk mengatakan, "aku senang bertemu denganmu lagi [titik aklamasi]"

6. Titik sertifikasi/pengakuan (certitude point)

Perlu mengatakan sesuatu dengan keyakinan yang kuat dan gak tergoyahkan? Akhiri deklarasi atau pernyataanmu dengan titik sertifikasi, sebuah tanda baca hasil desain dari Bazin yang lainnya.

7. Titik keraguan (doubt point)

Ini lawan dari titik sertifikasi/pengakuan dan penggunaannya adalah untuk mengakhiri kalimat yang mengandung skeptis atau penuh rasa gak percaya, misalnya: "Kamu bisa berenang? Masa sih [titik keraguan]"

8. Titik otoritas (authority point)

Tanda baca hasil karya Bazin lainnya yang berupa titik otoritas akan menekankan sebuah perintah dan nasihat agar benar-benar menjadi perhatian, mengingat bahwa pesan tersebut mengandung otoritas.

9. Tanda sarkasme (SarcMark)

SarcMark (singkatan dari "sarcasm mark" atau tanda sarkasme) ditemukan dan dipatenkan oleh Paul Sak. Sementara penggunaannya masih jarang, Sak memperkenalnya sebagai tanda seru resmi yang mudah digunakan untuk menekankan kalimat, frase atau pesan sarkastik. "Karena sebenarnya setengah keseruan dari sarkasme adalah membeberkan bahwa itu berupa sarkasme [SarcMark]".

10. Tanda Snark (Snark mark)

Ini, sama halnya seperti SarcMark yang resmi, digunakan untuk menyatakan bahwa sebuah kalimat harus dipahami lebih dari arti literaturnya/denotatifnya. Gak seperti SarcMark, Snark mark gak ada hak paten dan mudah untuk diketik.

11. Tanda bintang Asterisme (Asterism)

Tanda baca yang keren tapi jarang dimanfaatkan ini digunakan sebagai pemisah antar sub-chapter di buku atau untuk indikasi jeda beberapa saat dalam tulisan yang panjang. Tanda ini sudah hampir usang, mengingat bahwa mayoritas buku sekarang menggunakan tanda bintang pada satu garis sebagai pemisah antar chapter ataupun untuk melompati garis yang kelebihan. Sayang sekali tanda ini sudah hampir punah penggunaannya.

12. Tanda seru-koma (exclamation comma)

Kamu bisa berekspresi tertarik, terkejut atau heboh tanpa harus mengakhiri kalimat tersebut. Seorang penemu Kanada mengajukan tanda baca ini pada tahun 1992 dan berakhir tahun 1995. Rasanya tanda seru ini diibaratkan fungsinya seperti koma. Jadi kamu bisa berteriak di tengah kalimat dengan tanda seru-koma tanpa mengakhiri kalimat tersebut.

13. Tanda tanya-koma (question comma)

Hampir sama dengan tanda seru-koma, tapi perlakuannya adalah untuk menunjukkan ekspresi bingung, curiga, penasaran di tengah kalimat tanpa mengakhiri kalimatnya. Misalnya: "Kamu anak Universitas A ya kan [tanda tanya koma] kalau iya, bareng ke acaranya ya!"

Catatan Bazin yang memuat sebagian besar tanda baca yang jarang digunakan ini diterjemahkan oleh Scarlett dan LeAnn. Tanda baca apa yang bakal sering kamu gunakan? Tanda baca mana yang sudah pernah/sering kamu gunakan? Share di kolom komentar ya!




Dewa168


Promo New Member Bonus 25% Sportbook
New Bonus Deposit 5%
Bonus Cashback 5% sampai 10% Sportsbook
Bonus 1% Rollingan Casino
New Cashback 100%
Mari bergabung bersama kami di www.dewa168.com
Untuk Informasi Selanjutnya silahkan menghubungi CS 24 jam kami
Yahoo Messenger : cs.dewa168@yahoo.com
Blackberry Messenger : 25CBBB46
Livechat : Tersedia di website kami di www.dewa168.com
Via Hp : wap.dewa168.com
Proses Depo/WD Cepat, Aman, dan Terpercaya !!


Berita Lainnya

Lisa Halberd

Lisa Halberd

1 comment:

  1. Permainan tangkas ini pertama kali ada di negri Tiongkok dan akhirnya kini sudah berada di seluruh dunia di karenakan peminatnya sangatlah banyak, terutama di Indonesia sendiri permainan tangkas ini sangat di gemari oleh semua kalangan masyarakat yang sudah berusia lanjut atau lansia, tidak tahu kenapa namun permainan tangkas ini bagi kalangan dewasa seperti mengingatkan mereka pada masa muda mereka. tangkasnet m

    ReplyDelete

Powered by Blogger.