Breaking News
recent

Lensa Gokil - 10 Obat Alami, Manjur Pereda Batuk





Batuk merupakan salah satu penyakit umum yang paling sering menyerang siapa saja, tanpa mengenal usia, pria/wanita, kapan saja dan dimana saja. Teruma jika kamu sedang mengalami musim pancaroba maupun hujan, ditambah lagi dengan segala aktivitas-aktivitas yang menumpuk. Kamu tidak akan merasa nyaman saat melakukan segala kegiatan, bahkan saat beristirahat saja sungguh menyulitkan.

Acap kali batuk terjadi karena adanya benda asing seperti debu atau kuman yang merangsang selaput lendiri di tenggorokan. Benda-benda asing tersebut ingin dikeluarkan oleh tubuh, sehingga otak mensinkronisasi kan tubuh, terutama tenggorokan untuk menciptakan sensasi rasa gatal. Dan setelah proses rasa gatal itu lah, tubuh kita secara spontan melakukan hal yang kita sebut dengan 'Batuk'.

Nah.. untuk menyembukan batuk, banyak sekali obat-obatan yang dapat kita temukan di apotek, toko obat, klinik, warung-warung terdekat atau bahkan dengan meracik sendiri obat dengan bahan alami. Berikut hasil rangkuman Lensa Gokil yang bisa kamu coba.




1. Jeruk Nipis (Lat Citrus Aurantifolia)
Dari jaman buyut, bukan lagi rahasia. Jeruk nipis punya banyak khasiatnya. Terutama dalam mengatasi masalah batuk ini. Dan lebih hebatnya lagi, jeruk nipis di kelompokan obat batuk khusus berdahak. Kamu cukup campurkan perasan jeruk nipis dengan di tambah satu sendok kecap manis. Tapi jika kamu tidak suka dengan kecap karena mungkin akan terasa aneh, kamu bisa menggantinya dengan madu. Supaya lebih efektif, dosis yang di sarankan 2 - 3 kali dalam sehari. Mudah yaah~ ?





2. Jahe (Zingiber Officinale)

Obat batuk dari bahan alami kedua jatuh kepada tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah. Jahe menganduang zat anti bakteri yang baik bagi tubuh, sehingga bisa mengobati batuk yang berdahak sama seperti jeruk nipis. Cukup dengan meminum rebusan air jahe hangat di pagi dan malam hari, dengan dosis 2 kali sehari ini mampu menuntaskan rasa gatal di tenggorokan.





3. Daun Sirih (Piper Betle)
Daun sirih juga mempunyai khasit luar biasa. Tidak hanya kemampuan untuk mecegah gigi berlubang saja, tapi di akui mampu menyembuhkan batuk berdahak. Caranya sangatlah mudah, rebus daun ajaib ini ke beberapa irisan jahe. Kemudian minum rebusan air daun sirih dan jahe dengan dosis sebanyak 1 kali dalam sehari di jamin ampuh encerkan dahak kamu.





4. Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi)

Kerap di panggil belimbing sayur, wuluh merupakan sejenis pohon kecil yang diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku. Dan dikembangbiakkan serta tumbuh bebas di Indonesia, Filipina, Sri Lanka, Myanmar, dan Malaysia. Tumbuhan ini biasa ditanam di pekarangan rumah untuk diambil buahnya yang memiliki rasa asam yang sering digunakan sebagai bumbu masakan dan campuran ramuan jamoe. Tak lupa juga kalau si Ijo Kecut ini mampu meredakan gejala batuk. Cukup memarut belimbing wulus tersebut. Lalu tambahkan sedikit saja garam kedalamnya. Lalu saring dan buang ampasnya. Minum hasil air saringan tadi dengan dosis 2 kali sehari.





5. Kunyit (Curcuma Longa)

Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jahean, Zingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric, kurkuma, kunyit, janar, kunir, koneng, konyet. Kunyit mengandung banyak anti-biotik di dalamnya yang mampu mengatasi peradangan saluran pernapasan yang biasanya meyebabkan batuk kering. Campurkan bubuk kunyit dan bubuk merica ke dalam air mendidih. Minum capuran rebusan tersebut dengan dosis 2 kali dalam sehari.





6. Cabai Jawa (Piper Retrofractum)

Adalah jenis rempah yang masih berkerabat dengan lada dan kemukus, termasuk dalam suku sirih-sirihan atau Piperaceae. Nama lainnya adalah cabai jamu, cabe jawa atau cabai saja, meskipun penyebutan terakhir ini akan rancu dengan cabai yang sekarang lebih populer, Capsicum annuum. Namun cabai jawa pada dasarnya memang ampuh untuk di gunakan sebagai obat batuk. Tumbuk cabai jawa kerinting hingga halus, kemudian campurkan 1 sendok madu. Minum dengan dosis 1 kali dalam sehari.





7. Daun Kayu Putih (Melaleuca Leucadendra)

Namanya diambil dari warna batangnya yang memang putih. Merupakan pohon anggota suku jambu-jambuan, yang dimanfaatkan sebagai sumber minyak kayu putih. Selain bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, ternyata kayu putih juga bisa di gunakan untuk menyembukan sakit batuk. Rebusan air daun kayu putih di minum selagi masih hangat dengan dosis 3 kali sehari mampu meredakan gejala batuk yang mengganggu.





8. Jahe Merah (Zingiber Officinale var Rubrum Rhizoma)

Salah satu tanaman tradisional yang seringkali dipakai untuk pengobatan herbal. Dari berbagi macam jenis jahe yang ada, maka jahe merah adalah jahe yang palin dicari oleh banyak orang, sehingga jahe merah ini menjadi primadona dalam hal pengobatan herbal. Sejak zaman dahulu, jahe merah sudah dikonsumsi oleh masyarakat, baik sebagai obat atau hanya sebagai suplement tambahan saja. Untuk batuk kering, jahe merah menjadi pilihan yang terbaik. Cara membuatnya cukup mudah, kupas jahe merah sampai bersih. Kemudian kunyah jahe tersebut, di minum sarinya namun ampasnya di buang ya..





9. Asam Jawa dan  Gula Merah (Tamarindus Indica dan Gula Aren)
Asam adalah nama umum yang dipakai untuk bumbu dapur pemberi rasa masam pada masakan, termasuk juga asam kandis dan asam gelugur. Nama "asam jawa" dipakai oleh orang Melayu karena dipakai dalam masakan Jawa. Tumbuhan ini sendiri didatangkan oleh orang-orang dari India. Seperti kita ketahui Asam Jawa memiliki puluhan manfaat bagi kesehatan tubuh. Apalagi dikombinasikan dengan gula merah, ampuh untuk mengobati sakit batuk. Siapkan 10 daging buah asem jawa, kemudian seduh dengan segelas air panas, setelahnya tambahkan gula merah secukupnya. Aduk hingga semua bahan tercampur rata, minum selagi hangat.





10. Kencur (Kaempferia Galanga L.)

Salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan. Kencur yang di tambahkan dengan jahe mempunyai kasiat yang luar biasa. Cara meraciknya pun cukup mudah, campurkan kedua bahan dasar tersebut sampai merata. Lalu rebus bahan tersebut pada segelas air mendidih. Saring dan buang ampasnya. Minum hasil rebusan terebut selagi hanget.




Bahan-bahan tersebut ialah bahan yang mudah di temukan, dan ampuh untuk meredakan batuk. Kamu tidak perlu megeluarkan biaya untuk membeli obat-obat komersil seperti yang di sediakan di apotek atau warung. Semoga tetap sehat ya. (LCat)



Promo New Member Bonus 25% Sportbook
New Bonus Deposit 5%
Bonus Cashback 5% sampai 10% Sportsbook
Bonus 1% Rollingan Casino
New Cashback 100%
Mari bergabung bersama kami di www.dewa168.com
Untuk Informasi Selanjutnya silahkan menghubungi CS 24 jam kami
Yahoo Messenger : cs.dewa168@yahoo.com
Blackberry Messenger : 25CBBB46
Livechat : Tersedia di website kami di www.dewa168.com
Via Hp : wap.dewa168.com
Proses Depo/WD Cepat, Aman, dan Terpercaya !!
Lisa Halberd

Lisa Halberd

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.