Breaking News
recent

Lensa Gokil - Pernahkah Kamu Makan Pisang Raksasa Sebesar Ini Seumur Hidupmu?


Lensa  Gokil  -  Seumur hidup pernahkah kamu melihat atau bahkan memakan pisang segede ini? Yap, tentu kamu belum pernah mencicipinya. Jangankan begitu, melihat pohonnya tumbuh di sekitar kita saja bakal jarang lho. Sebabnya pohon pisang raksasa ini tidak bisa tumbuh di sembarang tempat lho.

Pohon pisang raksasa yang dikenal sebagai Musa Ingens ini sebenarnya berasal dari Papua Nugini. Tumbuhan langka yang pohonnya bisa mencapai sekitar 18 meter dari permukaan laut itu memang benar-benar tak terduga. Di mana, penemuan besar ini ditemukan oleh seorang peneliti yang bernama Jeff Daniells.

Jeff yang berkunjung ke Papua Nugini dengan dibiayai oleh International Board of Plant Genetic Resources waktu itu berangkat dan tiba di Papua Nugini pada tahun 1989. Setelah itu, Jeff pun kembali dan mematenkan penemuan ekspedisinya pada tahun 1992, seperti yang dilansir melalui Rfcarchives.org.au.


Menurut Jeff, pisang raksasa ini hanya bisa ditemukan di bagian barat dan timur daerah dataran tinggi atau kawasan pegunungan di Papua Nugini. Atau tepatnya juga bisa ditemukan di Kassam Pass, Aiyura, Bundi Kara, Mt Piora, Kybor, Kamang, bukit Minj dan di atas sungai Tsau yang terletak di bagian utara Banz.

Pohon yang hanya bisa tumbuh di dataran sekitar 1.000 hingga 2.100 meter ini memiliki berat buah sekitar 30 hingga 60 kg. Wow kapan lagi kamu bisa mengonsumsi pisang sebesar itu. Makanya, kamu tidak akan heran lagi bila melihat ukuran jantung pisang Musa Ingens ini besarnya seperti setandan pisang pada umumnya.


Pertanyaannya adalah apakah pisang raksasa ini bisa tumbuh di Indonesia. Jawabnya adalah bisa. Sebab, tumbuhan yang tak lazim ini nyatanya juga ditemukan dan menyebar di sekitar pegunungan Arfak di Manokwari, Papua Barat.

Dengan ketinggian sekitar 2.940 meter, pohon raksasa ini pun banyak berkembang biak dengan sendirinya di sana. Namun, lama kelamaan pohon ini dibudidayakan juga oleh masyarakat sekitar. Akan tetapi, terlepas dari itu beberapa eksplorer yang masih penasaran dengan pisang raksasa ini pun akhirnya malah banyak yang mengunjungi pegunungan Arfak.


Salah satunya adalah seorang botanis sekaligus fotografer asal Kuching, Malaysia lulusan Universitas California Santa Cruz. Pria yang dikenal dengan nama Ch'ien C. Lee ini diketahui berkunjung ke pegunungan Arfak pada akhir bulan Agustus kemarin. Di mana, setelah hasil foto diunggah ke jejaring sosial. Tumbuhan ini pun langsung sukses jadi perbincangan banyak netizen. Wah, mesti dibudidayakan nih. Gimana kira-kira menurutmu soal pisang raksasa ini? Ingin mencobanya nggak ya?



Promo New Member 100% Deposit Sportsbook
Bonus Cashback 5% dan 10% Sportsbook
Bonus 0.7% Rollingan Casino
Mari bergabung bersama kami di www.dewa168.com
Untuk Informasi Selanjutnya silahkan menghubungi CS 24 jam kami
Yahoo Messenger : cs.dewa168@yahoo.com
Blackberry Messenger : 25CBBB46
Livechat : Tersedia di website kami di www.dewa168.com
Via Hp :wap.dewa168.com
Proses Depo/WD Cepat, Aman, dan Terpercaya!
Khatrine Pratama

Khatrine Pratama

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.