Breaking News
recent

Lensa Gokil - Jejak Kanker Prasejarah Ditemukan pada Fosil Kaki Manusia Purba


Lensa Gokil  -  Selama ini kanker lebih dianggap sebagai penyakit modern akibat gaya hidup manusia yang semakin bergeser ke kebiasaan tak sehat. Namun demikian sebuah temuan oleh tim peneliti internasional menunjukkan bahwa tampaknya penyakit ganas ini sudah menjadi masalah bahkan sebelum peradaban modern muncul.

Dalam laporan terbaru yang dipublikasi di South African Journal of Science, bukti paling awal kanker ditemukan ada pada fosil jempol kaki manusia purba berusia 1,7 juta tahun. Fosil tersebut digali dari goa Swartkrans, Afrika Selatan, dan diduga milik spesies antara Homo ergaster atau Paranthropus robustus.

Data menyebut bahwa kanker yang dimiliki sang manusia purba adalah kanker tulang langka ganas bernama osteosarcoma.

Edward Odes selaku salah satu peneliti dari University of the Witwatersrand mengatakan temuan fosil itu menunjukkan, anggapan bahwa kanker penyakit modern adalah keliru.

"Ilmu kedokteran cenderung mengasumsikan bahwa kanker dan tumor pada manusia adalah penyakit yang ditimbulkan akibat gaya hidup dan lingkungan modern. Studi kami menunjukkan bahwa asal mula penyakit ini terjadi pada kerabat purba kita jutaan tahun yang lalu sebelum ada peradaban modern," kata Odes seperti dikutip dari BBC.

Hannah Birkett dari Bone Cancer Research Trust mengomentari penelitian sebagai sesuatu yang menarik dan semakin memperluas studi untuk kanker tulang terutama osteosarcoma. Menurut Birkett lingkungan tetap berpengaruh namun dari studi baru tersebut tampaknya ada faktor lain yang patut diperhatikan.

"Gaya hidup modern dan lingkungan selalu jadi faktor besar dalam persepsi orang-orang sebagai penyebab kanker. Temuan ini mengonfirmasi lagi pentingnya mempertimbangkan faktor lain seperti misalnya dari tingkat pertumbuhan tulang," pungkas Birkett.


Promo New Member 100% Deposit Sportsbook
Bonus Cashback 5% dan 10% Sportsbook
Bonus 0.7% Rollingan Casino
Mari bergabung bersama kami di www.dewa168.com
Untuk Informasi Selanjutnya silahkan menghubungi CS 24 jam kami
Yahoo Messenger : cs.dewa168@yahoo.com
Blackberry Messenger : 25CBBB46
Livechat : Tersedia di website kami di www.dewa168.com
Via Hp :wap.dewa168.com
Proses Depo/WD Cepat, Aman, dan Terpercaya!
Khatrine Pratama

Khatrine Pratama

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.